Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Quotes’ Category

Singapore-Albert-Bernard

Ini soalnya aja yg kebangetan.

Si Cherryl ngajak main tebak-tebakan. Tebak-tebakannya kira-kira begini:

Cherryl (C): Albert & Bernard, ayo tebak ulang tahunku. Yang tahu nanti dapat hadiah.. Ulang tahunku ada di antara tanggal-tanggal berikut ini:

15 Mei 16 Mei 19 Mei
17 Juni 18 Juni
14 Juli 16 Juli
14 Agustus 15 Agustus 17 Agustus

Albert (A): Wah, aku gak tau, Cher. Ada petunjuk lain gak?
Bernard (B): Iya, nih, Cher. Ada petunjuk lain?

C: Ya udah, buat Albert tak kasih petunjuk lagi. Bulannya bulan ini lho (sssst…sst..ssst.., sambil bisik-bisik ke Albert).

B: Cher, kok Albert aja yg dikasih tahu, aku juga dong..

C: Oke, buat Albert tak kasih petunjuk juga. Tanggalnya tanggal ini lho (sssst…sst..ssst.., sambil bisik-bisik ke Bernard)

Kemudian Bernard dan Albert berpikir keras, mengeluarkan pernyataan-pernyataan, hingga akhirnya mereka tahu tanggal ulang tahun Cheryl. Trus dari pernyataan-pernyataan Bernard & Albert, kita disuruh nebak juga.

Menurut saya, bagian tersulit dari memahami soal di atas adalah masalah sudut pandang. Ada tiga sudut pandang di sini, yaitu sudut pandang Albert yang hanya tahu bulannya, kemudian sudut pandang Bernard yang hanya tahu tanggalnya, dan terakhir, sudut pandang kita (pembaca) yang tidak tahu apa-apa. Sebelum kita membahas, perhatikan fakta berikut.

  • Andaikan Bernard diberi tahu tanggalnya tanggal 18, dia akan langsung tahu bahwa ultahnya adalah 18 Juni (tanggal 18 satu-satunya yg ada di daftar).
  • Andaikan Bernard diberi tahu tanggalnya tanggal 19, dia akan langsung tahu bahwa ultahnya adalah 19 Mei (tanggal 19 satu-satunya yg ada di daftar).

Tapi kemudian Albert bilang di percakapan pertama, “aku yakin Bernard juga tidak tahu”.
Berarti si Cheryl bilang ke Albert bulannya bukan Mei dan Juni. Sebab kalau bulannya Mei dan Juni, ada kemungkinan si Bernard langsung tahu (kalau Bernard diberi tahu tanggalnya 18 misalnya).

15 Mei 16 Mei 19 Mei
17 Juni 18 Juni
14 Juli 16 Juli
14 Agustus 15 Agustus 17 Agustus

Perkataan Albert ini jadi petunjuk berharga buat Bernard. Dari perkataan Albert, Bernard juga bisa menyimpulkan bahwa, pasti bulannya Juli atau Agustus. Kemudian Bernard bilang, “Sekarang aku tahu bulannya (Bernard sekarang tahu Ultahnya Cherryl)”.

Pada titik ini, sebenarnya Albert belum tahu tanggalnya. Tapi karena Bernard bilang sekarang dia tahu, ini merupakan petunjuk buat Albert. Berarti tanggal yang diketahui Bernard bukan tanggal 14. Karena kalau tanggal yang diketahui Bernard tanggal 14, pasti dia masih bingung menentukan Juli atau Agustus. Tapi karena Bernard langsung tahu, berarti tanggalnya bukan 14.

15 Mei 16 Mei 19 Mei
17 Juni 18 Juni
14 Juli 16 Juli
14 Agustus 15 Agustus 17 Agustus

Kemudian Albert bilang “Oh, aku juga tahu sekarang”. Petunjuk Albert ini kemudian berguna buat kita (yang belum tahu apa-apa), bahwa Albert sudah bisa menyimpulkan. Kemungkinannya kan tinggal 16 Juli, 15 Agustus, dan 16 Agustus. Kalau dari tiga kemungkinan tadi Albert sudah bisa menyimpulkan, berarti pasti bulan yg diberitahu Cheryl bukan Agustus. Karena kalau bulannya Agustus, Albert pasti masih bingung menentukan 15 Agustus atau 16 Agustus. Oleh karena itu, bulannya pasti bulan Juli, yang hanya tinggal satu tanggal disitu, 16 Juli.

15 Mei 16 Mei 19 Mei
17 Juni 18 Juni
14 Juli 16 Juli
14 Agustus 15 Agustus 17 Agustus

Pertanyaannya sekarang, kalau Albert atau Bernard bisa jawab, trus hadiahnya apa? Trus kalau sekarang kita juga tahu, kita dapat apa? Hanya Cheryl yang bisa menjawabnya. πŸ˜€

Read Full Post »

Pinjaman yang baik

Qur'an Surat Al Hadiid 11

Siapakah yang mau meminjamkan kepada Alloh pinjaman yang baik, maka Alloh akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak. (Qur’an Surat Al Hadiid ayat 11)

Pinjaman kepada Alloh. Maknanya, kita memberikan sesuatu di jalan Alloh diluar kewajiban kita. Kalau zakat kan sudah wajib, jadi kalau kita mengeluarkan uang untuk zakat, maka bukan memberi pinjaman, tetapi sudah kewajiban. Tetapi ada bentuk amal jariyah yang lain yang hukumnya sunnah. Infaq dan Shodaqoh misalnya, ada yang hukumnya sunnah. Kita tidak wajib melakukan yang sunnah seperti halnya kita tidak wajib memberi pinjaman kepada seseorang. Tetapi jika kita melakukan itu, yang dapat dianalogikan memberi pinjaman kepada Alloh, maka balasannya akan berlipat ganda.

Alloh sih tidak pernah minta dipinjami karena memang tidak butuh. Tetapi kalau kita mau meminjami, Alloh berjanji dalam Qur’annya bahwa balasannya akan berlipat ganda. Berapa lipat ganda? Ada yang bilang sepuluh, empat puluh, seratus, bahkan ada yang bilang tujuh ratus. Terserah Alloh lah. πŸ˜€

Kalau saya mau amal, disalurkan kemana? Orang di sekitar saya konglomerat semua nih. Atau mau disalurkan ke orang miskin, tapi orangnya nyebelin setengah mati. Nanti malah tidak ikhlas.

Silahkan salurkan ke lembaga-lembaga zakat yang terpercaya. Saya yakin dimana-mana ada. Lembaga ini akan mengelola amal jariyah kita secara profesional. Jadi cukup setor dan selesai. Tidak perlu repot-repot. Ada beberapa lembaga zakat yang bahkan penyalurannya kita bisa memilih. Misal untuk sumbangan orang miskin, untuk beasiswa, untuk masjid, dsb. Kalau saya sih mengutamakan untuk beasiswa. Demi mendidik generasi muda. πŸ˜€

Lho, saya sudah amal seratus ribu, tetapi balasannya mana? kok saya tidak dapat minimal sejuta? Atau bahkan tujuh puluh juta.

Plis deh. Memangnya karunia Alloh itu hanya diwujudkan dalam bentuk uang? Kesehatan kita juga tidak bernilai harganya, kan. Oke, mungkin Alloh tidak membalas dengan uang tunai. Tetapi kita dihindarkan dari penyakit yang kalau diobati bisa habis puluhan juta rupiah. Sama aja, kan. Atau kesehatan orang tua kita, anak-anak, dsb. Dan masih banyak karunia dalam wujud yang lain.

Udah shodaqoh, tapi kok masih sakit?

Mungkin itu ujian. Dan orang yang diuji pasti dalam rangka akan naik derajatnya.

Demikian penafsiran saya. Kalau ada yang salah mohon diluruskan. Maklum, bukan ustadz. Sholat juga masih sering telat πŸ˜€

Read Full Post »

Taken fromΒ the movie Love Atually (2003) intro by Hugh Grant :

Β 

Whenever I get gloomy with the state of the world,
I think about the arrivals gate at Heathrow airport.
General opinion started to make out that we live in a world of hatred and greed.

But I don’t see that.
Seems to me that love is everywhere.
Often it’s not particularly dignified or newsworthy..
But it’s always there.

Fathers and sons,
Mothers and daughters,
Husbands and wives,
Boyfriends, girlfriends, old friends.

When the planes hit the Twin Towers,
As far as I know none of the phone calls from people on board were messages of hate or revenge,
They were all messages of love.

lf you look for it, I’ve got a sneaky feeling you’ll find that…

Love actually is all around.

Β 
Watch the Video :
(The submitter had disabled to embed this Youtube video, so I give you the link)

intro

Read Full Post »